Bandara Hang Nadim Beroperasi 24 Jam

Bandara Hang Nadim Beroperasi 24 Jam
MULAI AKHIR BULAN: Bandara Hang Nadim, Batam Kepulauan Riau, akan disinergikan dengan bandara yang beroperasi nonstop di daerah lain. (Cecep Mulyana/batam pos/JPNN)

jpnn.com - BATAM – Bandara Hang Nadim mulai akhir Mei ini beroperasi 24 jam. Sejumlah maskapai akan melakukan penerbangan malam. Penerbangan dari Batam, Kepulauan Riau, itu akan disinergikan dengan bandara yang beroperasi 24 jam di daerah lain.

’’Sudah ada konfirmasi dari sejumlah maskapai mengenai penerbangan malam,’’ kata Kepala Bandara Hang Nadim Suprastyo saat konferensi pers, Selasa (20/5).

Menurut dia, saat ini sudah ada beberapa bandara di luar daerah yang beroperasi 24 jam. Misalnya, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dan Juanda Surabaya di Sidoarjo. ’’Jadi, akan sinergis dengan bandara lain yang buka 24 jam,’’ ungkap Suprastyo yang didampingi Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan.

Bahkan, ke depan, saat penerbangan malam dibuka, ada maskapai yang terbang ke Papua pukul 02.00. Menurut dia, peminat maskapai juga sudah banyak. Saat ini Hang Nadim pun berupaya menghubungkan bandara tersebut dengan bandara internasional lainnya, bahkan di luar negeri.

Penambahan jam operasi tersebut, kata Suprastyo, akan otomatis berdampak pada peningkatan frekuensi penerbangan. Dia menjelaskan, selama 2012, penerbangan di bandara tersebut mencapai 32 ribu pesawat untuk kedatangan dan keberangkatan. Sementara itu, pada 2013 ada sekitar 36 ribu pergerakan pesawat. ’’Rata-rata peningkatan sekitar 13 persen. Ke depan lebih meningkat,’’ imbuhnya.

Pembukaan penerbangan malam tersebut, menurut Suprastyo, harus disertai kesiapan seluruh elemen pendukung. Selain ketersediaan SDM penerbangan yang memadai, badan lain seperti bea cukai, imigrasi, serta karantina bandara harus siap.

Akhir Mei sengaja dipilih karena pertimbangan agenda nasional yang digelar di Batam. Awal bulan depan, 5–13 Juni, ada MTQ nasional. (ian/JPNN/c5/diq)

BATAM – Bandara Hang Nadim mulai akhir Mei ini beroperasi 24 jam. Sejumlah maskapai akan melakukan penerbangan malam. Penerbangan dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News