JPNN.com

Bandara Radin Inten II akan Layani Penerbangan Langsung Haji dan Umrah

Senin, 14 Oktober 2019 – 09:30 WIB Bandara Radin Inten II akan Layani Penerbangan Langsung Haji dan Umrah - JPNN.com
Bandara Radin Inten II Lampung. Foto: Kemenpar

jpnn.com, LAMPUNG - PT Angkasa Pura II (AP II) resmi mengelola Bandara Radin Inten II, Lampung. Pengembangan siap dilakukan, termasuk mematangkan rencana penerbangan langsung haji dan umrah. Bandara Radin Inten II diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Lampung.

Pengelolaan Bandara Radin Inten II oleh AP II tertuang dalam perjanjian kerja sama. Tepatnya antara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura II (Persero). Perjanjian itu tentang Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Barang Milik Negara pada Bandara Kelas I Radin Inten II Lampung, Sabtu (12/10).

Melalui kerja sama dengan konsep KSP Barang Milik Negara itu, maka Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub menyerahkan pengelolaan Bandara Radin Inten II kepada Angkasa Pura (AP) II selama masa perjanjian. Yakni 30 tahun, atau dari 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2050.

Latar belakang dilakukan kerja sama dengan skema KSP Barang Milik Negara ini, antara lain adalah karena diperlukan pembangunan dan pengembangan fasilitas. Serta pengoperasian Bandara Radin Inten II guna meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan. Pihak AP II pun menyatakan siap melakukan pengelolaan, optimalisasi, dan pengembangan fasilitas di bandara tersebut.

Sebagai bagian dari perjanjian, AP II akan menerima pendapatan aeronautika, pendapatan nonaeronautika, dan pendapatan kargo dari pengelolaan Bandara Radin Inten II. Selanjutnya, AP II melakukan pembayaran atas kontribusi tetap dan pembagian keuntungan kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub terhadap tiga pendapatan tersebut, yang diperoleh dari pengelolaan Radin Inten II.

Selain itu, AP II juga akan menyerahkan hasil pengembangan, pembangunan dan penambahan fasiitas di Bandara Radin Inten II kepada Ditjen Perhubungan Udara ketika perjanjian berakhir.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengaku sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada pihaknya, untuk mengelola Bandara Radin Inten II. Menurutnya, pihanya siap mengelola bandara tersebut dan mengembangkan konektivitas penerbangan di Lampung.

“Bandara Radin Inten II akan bersinergi dengan bandara-bandara lain di bawah pengelolaan AP II yang saat ini total berjumlah 17 bandara. Tentunya kami melakukan pengembangan infrastruktur di bandara yang diserahkan ke AP II melalui skema KSP Barang Milik Negara, seperti Radin Inten II di Lampung dan Tjilik Riwut di Palangkaraya,” ungkapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...