Bandara Silangit Siap Melayani Momen Mudik Tahun Ini

Bandara Silangit Siap Melayani Momen Mudik Tahun Ini
Pesawat milik Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com, TAPANULI UTARA - Direktur Angkutan Udara Kemenhub Maria Kristi mengatakan Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, dipastikan siap beroperasi pada momen mudik nanti.

“Bandara ini akan memfasilitasi untuk yang menuju sekitar Tapanuli atau Sumatera Utara sisi selatan,” ungkap Maria Kristi seperti dilansir sumeks.co.id (Jawa Pos Group) hari ini.

Direkorat Jenderal Perhubungan Udara memprediksi penumpang pesawat udara akan mengalami kenaikan 10,78 persen. Jumlah penumpang pesawat udara Lebaran pada H-7 hingga H+7 mencapai 5.870.823 orang.

Mereka terdiri atas penumpang domestik sebanyak 5.001.286 orang dan penumpang internasional 869.537 orang.

“Walaupun ada prediksi kenaikan jumlah penumpang, masyarakat tidak perlu cemas. Karena kapasitas tempat duduk pesawat yang disediakan dalam kurun waktu dua minggu tersebut melebihi jumlah prediksi dari kenaikan total penumpang,” kata Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso.

Pada musim mudik Lebaran, penumpang akan dilayani 541 pesawat dari maskapai nasional dan internasional. Ditjen Perhubungan Darat pun mempermudah pemberian izin penerbangan ekstra.

“Silakan maskapai mengajukan extra flight. Semakin cepat semakin baik,” ujar Agus.

Terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan, Agus menambahkan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan melakukan ramp check terhadap semua pesawat. Bukan hanya itu.

Direktur Angkutan Udara Kemenhub Maria Kristi mengatakan Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, dipastikan siap beroperasi pada momen mudik nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News