Bandara Soekarno-Hatta Siap Layani 21 Rute Pengalihan dari Halim

Bandara Soekarno-Hatta Siap Layani 21 Rute Pengalihan dari Halim
Bandara Soekarno Hatta siap terima rute penerbangan dari Halim Perdanakusuma. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, siap melayani 21 rute pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma, yang ditutup sementara karena banjir Jakarta yang hari ini menggenangi landasan pacu.

Akibat banjir tersebut, seluruh penerbangan dari dan ke Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, yang berjarak sekitar 40 kilometer.

Kedua bandara ini juga dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dengan konsep multi-airports system, sehingga bisa saling mendukung satu sama lain.

Terkait dengan hal itu, Angkasa Pura II memastikan Soekarno-Hatta siap melayani seluruh penerbangan, yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan seluruh personel operasional dan pelayanan di sisi udara dan darat siap mengakomodasi penerbangan yang dialihkan itu.

"Kapasitas di Soekarno-Hatta masih tersedia untuk melayani penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma. Di Soekarno-Hatta terdapat berbagai fasilitas dan prosedur untuk mendukung hal tersebut, kami siap agar penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma dapat tetap beroperasi normal melayani masyarakat," ujarnya dalam rilis pers hari ini.

Total terdapat 21 rute penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta, yaitu Kualanamu, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Solo, Malang, Jambi, Semarang, Lampung, Silangit, Belitung, Padang, Balikpapan, Ambon, Lombok, Kupang, Pekanbaru, Bengkulu, Batam, dan Tasikmalaya.

Dari rute-rute tersebut, pada hari ini terdapat 71 kedatangan penerbangan yang dialihkan ke Soekarno-Hatta dari Halim Perdanakusuma.

Disiapkan bus gratis dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta bagi penumpang pesawat yang dialihkan karena banjir Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News