Kirab Pemuda Nusantara 2017

Bangga, Peserta KPN Benar-Benar Meresapi Makna Hari Pahlawan

Bangga, Peserta KPN Benar-Benar Meresapi Makna Hari Pahlawan
Peserta Kirab Pemuda Nusantara dalam Pawai Budaya dan Selesai Upacara Hari Pahlawan di Toboali, Bangka Selatan. Foto: Kemenpora

jpnn.com, BANGKA SELATAN - Kirab Pemuda Nusantara (KPN) di hari pahlawan benar-benar membuat para peserta mampu meresapi makna peringatan yang jatuh setiap 10 November ini.

Puluhan peserta KPN 2017 dan 1.000 lebih anak sekolah, turut ambil bagian dalam upacara yang sakral dan berlangsung khidmat di Alun-alun Pantai Nek Aji Kota Toboali, Bangka Selatan, Jumat (10/11) pagi.

Layaknya upacara, prosesi peringatan hari pahlawan disimbolkan dengan naiknya bendera merah putih di tiang yang berada di tengah alun-alun.

Tapi, setelah itu acara diisi dengan prosesi yang membuat para peserta kirab sempat meneteskan air mata, demikian juga dengan para peserta.

Mereka terenyuh dan tak kuat saat acara penghargaan terhadap lima veteran perang kemerdekaan dilakukan dan dipimpin oleh Bupati dan perwakilan Kemenpora.

Para peserta upacra rata-rata membayangkan kondisi di saat perang dan perjuangan para veteran tersebut dalam masa prakemerdekaan.

"Kami bangga dan bersyukur berkat perjuangan para pejuang yang ada di depan saya, kami generasi muda bisa merasakan udara kemerdekaan ini," kata salah satu peserta KPN asal Toboali, Ari Firdaus.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer menegaskan bahwa daerahnya merasakan perayaan hari pahlawan yang berbeda karena disinggahi oleh para peserta Kirab Pemuda Nusantara.

Kirab Pemuda Nusantara (KPN) di hari pahlawan benar-benar membuat para peserta mampu meresapi makna peringatan yang jatuh setiap 10 November ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News