JPNN.com

Bangladesh Akan Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

Selasa, 12 Maret 2019 – 10:00 WIB Bangladesh Akan Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil - JPNN.com

Penyidik khusus Komisi HAM PBB untuk Myanmar Yanghee Lee menyatakan keprihatinan mendalam atas rencana Bangladesh memindahkan 23.000 pengungsi Rohingya ke sebuah pulau terpencil. Dia memperingatkan pulau tersebut kemungkinan tidak layak huni dan bisa memicu krisis baru.

Bangladesh sebelumnya mengumumkan rencana memindahkan para pengungsi ke pulau Bhasan Char untuk mengurangi kepadatan di tempat penampungan pengungsi Cox's Bazar.

Saat ini sekitar 730.000 warga Rohingya ditampung di Cox's Bazar, sekaligus menjadikannya kamp pengungsi terbesar di dunia.

PBB menyatakan minoritas Muslim ini melarikan diri dari pembunuhan massal dan pemerkosaan di negara bagian Rakhine, Myanmar, sejak Agustus 2017.

Sejumlah pihak mengkritik rencana relokasi ini. Mereka menyatakan pulau itu sering diterjang badai dan tidak dapat menyediakan mata pencaharian bagi ribuan orang.

"Ada sejumlah hal yang belum jelas bagi saya bahkan setelah mengujungi pulau itu," ujar Yanghee Lee.

Termasuk, katanya, apakah pulau itu benar-benar bisa dihuni manusia. Bangladesh Akan Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil Photo: Penyidik khusus Komisi HAM PBB Yanghee Lee mengunjungi pulau yang akan dijadikan tempat penanmpungan pengungsi Rohingya. (Reuters: Denis Balibouse)

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...