Bangladesh Desak Myanmar Memulai Repatriasi Rohingya

Bangladesh Desak Myanmar Memulai Repatriasi Rohingya
Warga Rohingya di Myanmar. Foto: Picture Alliance/DPA/M Alam

jpnn.com, DHAKA - Bangladesh resah. Proses repatriasi pengungsi Rohingya yang telah disepakati dengan Myanmar tak kunjung berjalan. Padahal, pendataan telah usai.

Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina mendesak komunitas internasional agar menekan Myanmar untuk segera mengambil pengungsi Rohingya secepatnya.

”Sudah waktunya Myanmar mempercepat proses repatriasi karena pemerintah Bangladesh sudah selesai melakukan registrasi biometrik,” tegas Hasina saat bertemu dengan Direktur World Health Organization-South-East Asia Regional Office (WHO-SEARO) Poonam Khetrapal Sing seperti dilansir New Indian Express.

Pemerintah Bangladesh memberikan kartu identitas kepada pengungsi yang sudah teregistrasi untuk memudahkan saat proses pemulangan.

Sejatinya, sudah ada beberapa warga Rohingya yang diizinkan oleh pemerintah Myanmar pulang, tapi tanggal pasti kepulangan tak kunjung ditentukan.

Repatriasi itu menuai pro dan kontra karena banyak pengungsi yang takut kembali. Terlebih, mereka akan ditempatkan di kamp-kamp sementara. Bukannya langsung dipulangkan ke tanah mereka.

Saat ini tercatat lebih dari 3 juta warga Rohingya di Bangladesh. Sekitar 600 ribu di antaranya adalah pengungsi yang datang sejak Oktober tahun lalu.

Poonam Khetrapal Sing mengapresiasi langkah Bangladesh yang mau membuka pintu untuk para pengungsi. Dia menyatakan, WHO siap membantu imunisasi dan fasilitas medis untuk para pengungsi. Dia juga menambahkan bahwa masalah sanitasi di kamp pengungsian harus segera diatasi sebelum musim hujan tiba. (sha/c10/pri)


Bangladesh resah. Proses repatriasi pengungsi Rohingya yang telah disepakati dengan Myanmar tak kunjung berjalan. Padahal, pendataan telah usai.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News