Banjir Bandang di Garut Akibat Kerusakan Alam

Banjir Bandang di Garut Akibat Kerusakan Alam
Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau sekaligus menyalurkan bantuan kepada warga Kabupaten Garut yang terdampak bencana banjir bandang, Minggu (28/11/2021). Foto: Aldien Shubhi/Biro Adpim Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebut ada indikasi kerusakan alam yang menyebabkan banjir bandang di Kabupaten Garut.

Banjir bandang yang menerjang dua kecamatan di Garut pada Sabtu lalu, menyebabkan ratusan rumah rusak dan warga harus mengungsi.

Pemprov Jabar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Pemkab Garut, TNI, Polri, dan sukarelawan, bersama-sama melakukan sejumlah upaya tanggap darurat, seperti pengerukan sungai dan selokan.

Pemprov juga akan mengupayakan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang. Hal itu dilakukan supaya masyarakat bisa kembali beraktivitas.

"Kami berpikir bagaimana di hulu, apakah di situ harus ada pohon tegakan lagi. Karena sebelumnya, di sini tidak pernah ada banjir seperti ini. Baru kali ini," kata Uu melalui keterangan resminya, Senin (29/11).

Uu menambahkan menurut keterangan warga setempat, selama hampir 46 tahun di tempat itu tidak pernah terjadi banjir.

Baru kali ini banjir dengan volume air yang besar terjadi di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah, Kabupaten Garut.

"Bahkan ada warga bilang, sudah 46 tahun, baru ada banjir. Memang diakui curah hujan sekarang tinggi, tetapi kalau memang resapan air di hulu tidak terganggu, tidak akan terjadi bencana semacam ini," kata Uu.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menduga ada indikasi kerusakan alam yang menyebabkan terjadinya banjir bandang di Garut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News