Banjir Bandang Terjang New South Wales, Sebanyak 4 Ribu Orang Minta Pertolongan

Sabtu, 20 Maret 2021 – 14:32 WIB
Banjir Bandang Terjang New South Wales, Sebanyak 4 Ribu Orang Minta Pertolongan
Ilustrasi banjir di New South Wales. Foto: AAP

jpnn.com, NEW SOUTH WALES - Pantai timur Australia dilanda hujan lebat dan memicu banjir bandangpada Sabtu (20/3). Banjir bandar merendam rumah dan jalan, serta memutus saluran listrik di wilayah tersebut.

Pihak berwenang di Sydney meminta masyarakat untuk tetap di rumah saat bendungan besar meluap dan tornado kecil menerjang pesisir barat.

Sebagian besar pantai di negara bagian New South Wales (NSW) merupakan rumah bagi sepertiga dari 25 juta penduduk Australia.

Hujan saat ini memecahkan rekor curah hujan Maret. Pihak berwenang memperingatkan kemungkinan hujan deras akan berlanjut selama beberapa hari.

"Ini bukan minggu yang mudah bagi kami. Hujan mungkin tidak akan berhenti sampai Kamis atau Jumat," kata Perdana Menteri NSW Berejiklein, seperti yang dilansir dari Reuters, Sabtu (20/3).

Pemerintah setempat mengeluarkan sembilan perintah evakuasi untuk sekitar 15 daerah pada Sabtu siang.

Selain itu otoritas setempat juga memperingatkan bahwa luapan air akan dengan cepat menambah volume sungai yang menyebabkan banjir bandang.

Tornado juga menerobos pinggiran kota di bagian barat dan menyebabkan kerusakan pada lebih dari 30 rumah, merobohkan pohon, dan memadamkan listrik.

SPONSORED CONTENT

loading...