Banjir Makassar, Ribuan Masyarakat Mengungsi

Banjir Makassar, Ribuan Masyarakat Mengungsi
Masyarakat mengungsi akibat banjir Makassar, Sulsel. Foto: dok. BNPB/BPBD Makassar

jpnn.com, MAKASSAR - Ribuan masyarakat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan mengungsi setelah banjir merendam wilayah itu sejak Senin dini hari (13/2).

Banjir Makassar terjadi setelah hujan deras disertai naiknya permukaan air laut.

Data dari Pusdalops BNPB menyebut wilayah terdampak berada di tujuh kecamatan, yakni Manggala, Ujung Pandang, Rappocini, Mamajang, Tamalanrea, Biringkanaya, dan Makassar.

"Akibat banjir tersebut sebanyak 554 KK dan 1869 jiwa mengungsi dan sebagian besar dievakuasi di 21 titik pengungsian," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Selasa (14/2).

BNPB mencatat kerugian material akibat banjir berupa 554 unit rumah terendam.

Luapan air menyebabkan genangan antara 50 cm hingga 100 cm, sehingga akses dan aktivitas warga menjadi terganggu karena kendaraan tidak bisa melintas.

Tim BPBD Kota Makassar telah melakukan upaya penanganan bencana banjir dengan membantu evakuasi warga maupun barang-barang, serta mendata rumah terdampak hingga kebutuhan mendesak.

BPBD Kota Makassar melaporkan pada Senin (13/2), banjir sudah berangsur surut namun cuaca masih hujan.

BNPB mencatat ribuan warga Kota Makassar mengungsi lantaran daerah itu dilanda banjir akibat hujan deras disertai naiknnya permukaan air laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News