Banjir Setinggi 1,5 Meter Rendam Kabupaten Cilacap, 424 Warga Terpaksa Mengungsi

Banjir Setinggi 1,5 Meter Rendam Kabupaten Cilacap, 424 Warga Terpaksa Mengungsi
Foto: Petugas BPBD Cilacap mengevakuasi warga terdampak banjir. Dok: BNPB

jpnn.com, CILACAP - Bencana banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Minggu (20/3). Akibatnya, 424 warga harus mengungsi di beberapa sekolah.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan banjir ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Cilacap sejak Selasa (15/3) lalu.

“Dari hasil pendataan, ada lima desa di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap terdampak banjir,” kata dia dalam siaran persnya, Minggu.

Abdul menuturkan wilayah yang terdampak tersebut meliputi Desa Mujur Lor, Desa Gentasari di Kecamatan Kroya. Selanjutnya Desa Karangjati di Kecamatan Sampang dan Desa Klumprit, serta Desa Karangsembung di Kecamatan Nusawungu.

“BPBD Kabupaten Cilacap mencatat ada kurang lebih 4.088 KK atau 14.417 jiwa yang terdampak banjir,” ujar dia.

Kemudian untuk rumah yang terendam sebanyak 24 unit dengan tinggi muka air antara lima sentimeter hingga 1,5 meter.

“Untuk dampak kerugian material, BPBD setempat mencatat 49 unit fasilitas rumah ibadah rusak, 20 unit fasilitas pendidikan terendam, dan 565 hektare lahan pertanian ikut terdampak banjir,” kata Abdul.

Sebagai upaya percepatan penanganan banjir itu, BPBD Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan dari lintas instansi telah mendirikan dapur umum dan evakuasi serta pertolongan warga jika air mengalami kenaikan. 

Bencana banjir melanda kawasan Cilacap, Jawa Tengah. Akibatnya, ada belasan ribu warga terdampak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News