Banjir Wisman, 100 Persen Hotel Berbintang Penuh

Banjir Wisman, 100 Persen Hotel Berbintang Penuh
Jam Gadang adalah salah satu lokasi tempat wisata di Sumbar. Foto: twitter/@Sumbar_Travelpic

jpnn.com - PADANG - Pergerakan Pariwisata di seluruh Indonesia begitu menggeliat dan sangat antusias. Tidak terkecuali di Padang, Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan jam gadangnya tersebut disambangi banyak wisatawan di liburan panjang kenaikan Isa Al Masih dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, 5 Mei dan 6 Mei 2016.

Buktinya, beberapa Hotel berbintang di Padang hampir seluruhnya full booking. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi. Kata Medi, tingkat hunian hotel saat libur panjang ini sangat mengembirakan.

”Dari hasil survey kami pagi ini (5/5), pada beberapa Hotel berbintang yang kami sample untuk tanggal 5 hingga tanggal 8 Mei mendatang mayoritas mencapai 100 persen full booking, Pariwisata kita sangat antusias,” ujar Medi, Kamis (5/3).

Kata Medi, Hotel-hotel yang disurvey tersebut dan presentasenya adalah Hotel Mercure 100 persen penuh, Inna Muara 100 persen, Pangeran Beach 100 persen, Grand Zurri  94 persen, Bumi Minang 100 persen, Hotel Ibis 100 persen, Pangeran City 100 persen, Hayam Wuruk 100 persen, Axana 100 persen, Daima  100 persen, Rocky Hotel  100 persen, Basko Hotel 98 persen, Plan B Hotel  100 persen, Savali Hotel  100 persen, dan Sriwijaya Hotel 100 persen.

”Kami sangat menyambut gembira hal ini, karena Padang menjadi salah satu tujuan wisatawan juga untuk berlibur. Kami siap menyambut para wisatawan,” ujarnya. 

Sementara itu, hasil pantauan Per him punan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) wilayah Sumbar, rentang libur tiga hari tersebut, PHRI membenarkan tingkat hunian kamar hotel yang ada di Padang lebih dari 90 persen, bahkan banyak yang mencapai 100 persen.

Ketua PHRI Sumbar, Mau lana Yusran mengatakan, selain adanya wisatawan mancanegara, hal itu terjadi karena wisa tawan domestik dari provinsi tetangga seperti Riau dan Jambi, me­manfaatkan waktu libur untuk berlibur ke Padang.

“Wisatawan paling banyak berlibur ke Padang adalah Riau. Oleh karena itu, tidak hanya hotel di Padang yang penuh. Hal yang sama juga terjadi di hotel yang ada di Bu kittinggi dan Padang Pan jang,” ujarnya saat dihubungi. Tingginya frekuensi ting kat hunian hotel di Pa dang, imbuh Maulana, berarti Padang atau Sumbar pada umum nya, masih menjadi daerah tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan di Sumatera. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News