Bansos Perlu Dikawal Agar Tepat Waktu dan Sasaran

Bansos Perlu Dikawal Agar Tepat Waktu dan Sasaran
Warga menerima bantuan sosial tunai (BST) Kemensos RI. Foto: Humas Kemensos.

jpnn.com, RIAU - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara memastikan akan mengawal kebijakan Pemerintah, dalam memberikan bantuan sosial untuk masyarakat tak mampu, sebagai bantalan sosial meredam dampak penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"BEM Nusantara akan tetap mengawal pengalihan subsidi BBM tepat sasaran dan tepat waktu," kata Sekretaris Pusat BEM Nusantara Reja Anggara dlam FGD 'Membongkar di Balik Kenaikan Harga BBM' di Aula STIE Riau, Pekanbaru, Riau.

Adapun bantuan yang diberikan pemerintah di antaranya bantuan langsung tunai (BLT), Bantuan subsidi upah (BSU) dan bantuan transpotasi umum.

Reja berharap bansos ini dapat meringankan beban masyarakat, terutama di sektor transportasi umum. 

"Jangan sampai masyarakat terbebani akan tarif transportasi umum," kata Reja.

Sementara pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi UMRI, Bakaruddin mengatakan, pemerintah harus membuat kebijakan yang strategis untuk jangka panjang.

Bakaruddin juga mendorong pemerintah  agar bisa membuat kebijakan yang dapat menghidupkan UMKM. Serta membuat kebijakan agar suku bunga rendah. Sebab, hal itu mempengaruhi terhadap investasi.

"Jaga tingkat bunga bank supaya invetasi itu bisa berkembang. Kalau tingkat suku bunga naik, otomatis investasi tidak akan tumbuh, itu yang harus di jaga pemerintah," kata Bakaruddin yang menjadi narasumber dalam FGD tersebut.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara akan tetap mengawal pengalihan subsidi BBM tepat sasaran dan tepat waktu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News