Bantu Pemulihan Cianjur, Universitas Gunadarma Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Bantu Pemulihan Cianjur, Universitas Gunadarma Laksanakan Pengabdian Masyarakat
Universitas Gunadarma membantu pemulihan korban bencana Cianjur lewat serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dimulai sejak 13 Desember 2022. Foto: Dok UG

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Gunadarma membantu pemulihan korban bencana Cianjur lewat serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dimulai sejak 13 Desember 2022.

Berbagai inovasi teknologi tepat guna pun diluncurkan dan diserahterimakan dari Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti, SE, MM.didampingi Warek 4 Prof. Dr. Didin Mukodim kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Sekretaris Daerah Dr. H. Cecep S. Alamsyah pada hari ini, Kamis (22/12).

Kegiatan PKM UG menjadi bagian dari Program Kampung Cekattan (Cepat Tanggap Kolaboratif untuk Cianjur Bangkit dan Tangguh) yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristekdikti.

"Berbagai inovasi teknologi terpilih bersifat tepat guna, berbasis pemberdayaan masyarakat, dan berkelanjutan," ujar Prof. E.S. Margianti, SE, dalam keterangan di Jakarta, Kamis (22/12).

Berbagai inovasi teknologi diterapkan dalam kegiatan tersebut, di antaranya UG Matriks (Mockup Rumah Terintegrasi untuk Edukasi Kesehatan Keluarga) yang dapat berfungsi sebagai fasilitas untuk trauma healing dan layanan kesehatan keluarga.

UG Matriks juga dilengkapi dengan UG Smile (Sistem Monitoring untuk Identifikasi Lokasi dan Evaluasi Penanganan Bencana) termasuk command center sederhana yang dapat digunakan oleh para relawan dan pemangku kepentingan dalam penanganan bencana.

Acara launching dan serahterima inovasi tersebut dilaksanakan di UG Technopark yang juga dihadiri penerima manfaat inovasi di lokasi bencana yaitu di Desa Nagrak dan Desa Benjot Kecamatan Cugenang serta Kampung Tunggilis Kecamatan Pacet.

Perwakilan relawan dari Kampung Tunggilis, Kepala SMP 5 di Kecamatan Cugenang, serta Camat Mande memberikan testimoni langsung mengenai kebermanfaatan berbagai inovasi yang sudah diterapkan di lokasi bencana atau pengungsian.

Universitas Gunadarma membantu pemulihan korban bencana Cianjur lewat serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dimulai sejak 13 Desember 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News