JPNN.com

Bantuan Tiongkok Pada Dunia Untuk Virus Corona Hanya Pencitraan?

Kamis, 26 Maret 2020 – 18:19 WIB Bantuan Tiongkok Pada Dunia Untuk Virus Corona Hanya Pencitraan? - JPNN.com
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima 8 ton bantuan peralatan medis dari China dan menyerahkan secara simbolik APD kepada Kapuskes TNI, Kepala RSPAD, Kepala RS Suyoto

Seiring dengan pelambatan kasus baru COVID-19 di negaranya, Tiongkok menawarkan bantuan kepada negara-negara lain dalam pertarungan melawan virus corona, termasuk ke Indonesia.

  • Tiongkok kirimkan jutaan masker dan perlengkapan medis lainnya ke banyak negara untuk tangani virus corona
  • Pejabat Tiongkok mendapat kecaman karena dianggap telah menutupi saat virus corona mulai merebak di Wuhan
  • Kini Tiongkok berupaya untuk membangun reputasi sebagai pemimpin global dalam atasi pandemik

 

Tiongkok mengirim pasokan medis dan peralatan pelindung seperti masker ke banyak negara dan telah memberikan US$ 20 juta untuk Organisasi Kesehatan Dunia.

"Anda memberikan buah persik kepada saya, dan sebagai balasannya saya memberi Anda batu giok putih sebagai bentuk persahabatan," kata juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok Geng Shuang kepada wartawan pekan lalu.

"Ini adalah wujud kebajikan tradisional Tiongkok yang mengajarkan kami untuk membalas kebaikan dengan kebaikan yang lebih besar.

"Kami akan memperkuat kerja sama dengan negara lain dalam menanggapi tantangan COVID-19 sambil bersama-sama membangun komunitas yang akan menjadi bagian dari masa depan umat manusia."

Tetapi di saat menawarkan bantuan kepada beberapa negara yang paling terpukul di Eropa, Beijing juga terlibat perang kata-kata dengan Washington mengenai siapa yang harus bertanggung jawab atas wabah awal.

Inilah yang perlu Anda ketahui.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...