Banyak Guru Kesulitan Menjawab Soal SKD CPNS

Banyak Guru Kesulitan Menjawab Soal SKD CPNS
Ilustrasi peserta tes CPNS. Foto: Radar Banjarmasin

jpnn.com, JAKARTA - Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan, formasi CPNS yang kosong terbanyak adalah tenaga pendidik dan kesehatan.

Pasalnya, banyak guru yang ikut menjalani seleksi kompetensi dasar (SKD) kesulitan menjawab soal-soalnya.

"Tahun ini spesial. Soal-soalnya dibuat oleh 18 konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) plus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Setiawan di kantornya, Senin (12/11).

Dia menyebutkan, ada 16 ribu soal baru yang ditambahkan dalam bank soal. Itu sebabnya, guru-guru maupun tenaga kesehatan yang ikut seleksi merasakan soal SKD sulit dikerjakan.

Walaupun banyak yang tidak bisa menjawab soal, Setiawan mengatakan, itu lebih baik. Dengan demikian, bisa kelihatan kalau tidak ada kebocoran soal.

Namun, di sisi lain, formasi guru yang sangat dibutuhkan daerah menjadi kosong. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pemda lantaran kebutuhan guru PNS sangat mendesak.

"Kalau tingkat kelulusan hanya sekitar 10-20 persen, menunjukkan panselnas menjaga kerahasiaan soal. Yang patut dipertanyakan bila tingkat kelulusan 80 persen, sebab bisa saja ada kecurangan," tuturnya.

Seperti diketahui, tahun ini ada 238.050 formasi CPNS yang disiapkan, terdiri dari guru 120 ribuan, kesehatan 60 ribuan, dan sisanya formasi yang mendukung program Nawacita. (esy/jpnn)


Yang patut dipertanyakan bila tingkat kelulusan 80 persen, sebab bisa saja ada kecurangan.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News