Banyak Pelamar CPNS 2018 Terganjal NIK, Salah Siapa?

 Banyak Pelamar CPNS 2018 Terganjal NIK, Salah Siapa?
Ribuan calon peserta tes CPNS tanpa menggunakan nomor antrean memadati lokasi verifikasi berkas di Kantor BKD Provinsi Kaltara, Rabu (20/9). Foto: IWAN KURNIAWAN/RADAR TARAKAN

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Banyak pelamar CPNS 2018 gagal registrasi di portal sscn.bkd.go.id karena Nomor Induk Kependudukan (NIK) bermasalah.

Seperti diungkapkan Dian, seorang pelamar CPNS yang gagal registrasi, akibat NIK di Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) tidak muncul di server. Tidak ditemukan ketika mengisi identitas diri di portal SSCN.

“Padahal sudah (KTP) elektronik, sudah pasti sesuai karena katanya kalau tidak sesuai kan tidak bisa tercetak. Ini datanya malah tidak ditemukan, beberapa waktu lalu mengurus BPJS juga gagal karena hal yang sama,” ucapnya di sela sela berurusan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Rabu (3/10).

Dia bersabar. Meski mengeluh banyak waktu terbuang untuk mengurus data kependudukan yangbelum valid. Warga asal Pulang Pisau tersebut mengaku sampai harus melakukan pengecekan NIK di Pulang Pisau untuk memastikan tidak terjadi NIK ganda.

Hal yang sama juga disampaikan Suprihatin, warga Kompleks Danausari. Ia hampir seminggu mengurus NIK yang dimilikinya di Disdukcapil. Namun tak kunjung selesai. Selain mengecek langsung NIK di Disdukcapil, dia juga mengirim pesan aduan ke nomor hotline dukcapil. Tidak ada respons.

“Prosesnya berbelit-belit mas, sudah hampir semingguan hanya mengurusi ini saja. Ada juga sih rasa jengkel, tapi emang begitu prosedurnya mau bagaimana lagi,” ucapnya kecewa.

Menanggapi kejadian itu, Bidang Administrator Database (ADB) Disdukcapil Palangka Raya, Hari mengakui selama pembukaan portal SSCN untuk pendaftaran CPNS, masalah gagal registrasi menjadi keluhan yang paling banyak dilayangkan.

“Setiap hari selalu lebih dari 50 orang yang mengajukan perbaikan NIK untuk registrasi di portal sscn.bkn.go.id,” ucapnya.

Banyak pelamar CPNS 2018 terganjal masalah NIK di KTP yang ternyata tidak muncul saat mendaftar ke portal SSCN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News