Banyak Pemda Pengin Punya LRT, Jangan Ulangi Kesalahan DKI

Banyak Pemda Pengin Punya LRT, Jangan Ulangi Kesalahan DKI
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, saat ini banyak daerah berminat untuk membangun light rail transit (LRT). Saat ini, proyek transportasi massal itu baru ada di Jakarta dan Palembang.

Menurut Luhut, Kemenko Maritim akan segera menggelar pertemuan dengan pemda-pemda yang berminat memiliki LRT. Tujuannya agar dalam proses persiapan tidak mengulangi kesalahan seperti proyek LRT yang ada di Jakarta.

"Minggu depan mau mengundang pemda Bandung, Surabaya, mau bikin LRT supaya belajar dari yang sudah kita kerjakan. Jangan mengulangi kesalahan yang pernah dibuat di sini (DKI, red)," ucap Luhut di kompleks Istana Negara Jakarta, Selasa (19/9).

Selain Bandung dan Surabaya, dua kota lain yang tertarik membangun LRT adalah Makassar dan Medan. Mengenai biaya pembangunannya, Luhut mendorong peran swasta.

"Bisa aja nanti kalau begini private sector masuk, kita kan sudah punya formula bagaimana bebannya bisa kita kurangi banyak. Dan bagaimana swasta sebanyak mungkin masuk," jelas dia.(fat/jpnn)


Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan akan mengumpulkan pemda-pemda yang berminat membangun LRT. Tujuannya agar kesalahan proyek LRT di DKI tak menular ke daerah.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News