Barisan Petani dan Nelayan Situbondo Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024

Barisan Petani dan Nelayan Situbondo Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024
Ratusan petani Situbondo yang tergabung dalam Barisan Tani dan Nelayan (Baristan) menyatakan diri mendukung Gus Muhaimin menang pada Pilpres 2024. Foto: Dok. PKB

jpnn.com, SITUBONDO - Dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus berlanjut.

Kali ini giliran ratusan petani Situbondo yang tergabung dalam Barisan Tani dan Nelayan (Baristan) menyatakan diri mendukung Gus Muhaimin menang pada Pilpres 2024.

“Kami menilai Gus Muhaimin mempunyai modal kultural maupun intelektual untuk memperjuangkan kaum tani. Jadi, kami yang mempunyai irisan ideologi dan kultural mendeklarasikan diri untuk mendukung Gus Muhaimin sebagai presiden 2024,” ujar Tolak Imam, salah satu perwakilan petani di sela acara deklarasi, Desa Kandang, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Sabtu (12/2/2022).

Dia mengatakan mempunyai harapan besar kepada Gus Muhaimin untuk bisa menjadi presiden tahun 2024. Selain mempunyai pengalaman lengkap baik sebagai aktivis, anggota DPR, hingga Menteri, Gus Muhaimin merupakan kader muda Nadhlatul Ulama (NU). 

“Kami dari  petani Situbondo menaruh harapan besar kepada Gus Muhaimin karena beliau adalah kader NU dengan pengalaman paling mumpuni di perpolitikan nasional. Kemampuan Gus Muhaimin juga telah teruji baik di bidang legislatif maupun eksekutif,” katanya.

Petani menilai selama ini  pemerintah belum berpihak kepada petani petani yang berada di plosok desa. Petani merasa menderita dengan kebijakan pemerintah, utamanya mahalnya biaya pertanian dan kelangkaan pupuk yang sampai hari ini di alami oleh petani.

“Kami yakin dan berharap besar, Gus Muhaimin bisa menata regulasi petani yang dirugikan dengan kebijakan soal pupuk. Bisa menurunkan cost pertanian yang jadi beban petani," kata Tolak.

Tolak juga mengeklaim bahwa selama ini Gus Muhaimin adalah sosok yang benar-benar memperjuangkan kepentingan rakyat. Di antaranya berjuang melahirkan Undang-Undang pesantren dan RUU TPKS. 

Ratusan petani Situbondo yang tergabung dalam Barisan Tani dan Nelayan (Baristan) menyatakan diri mendukung Gus Muhaimin menang pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News