JPNN.com

Baru Saja Gempa Mag 5,4 di Banten Terasa hingga Depok

Selasa, 07 Juli 2020 – 12:30 WIB
Baru Saja Gempa Mag 5,4 di Banten Terasa hingga Depok - JPNN.com
Ilustrasi gempa bumi. Foto: ANTARA/Harianto

jpnn.com, DEPOK - Setelah gempa Jepara dengan magnitudo 6.1 pada Selasa pagi (7/7), lindu juga terjadi di Barat Daya Rangkasbitung, Banten dengan magnitudo 5.4.

Bahkan getaran ringan terasa sampai Kota Depok, Jawa Barat, beberapa saat itu.

"Gempa Mag:5.4, 07-Jul-20 11:44:14 WIB, Lok:6.69 LS,106.14 BT (18 km BaratDaya RANGKASBITUNG-BANTEN), Kedalamanan 82 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit @infoBMKG.

Sebelumnya Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi di Laut Jawa pada Selasa (7/7) pagi, guncangannya dirasakan di wilayah yang luas.

Menurut dia, gempa dalam akibat adanya deformasi atau penyesaran pada lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Jawa tersebut guncangannya dirasakan di sebagian Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera bagian selatan.

Daerah yang dimaksud seperti Karangkates dan Nganjuk di Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian di Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, dan Boyolali Jawa Tengah, lalu Pangandaran dan Garut di Jawa Barat.

Belum ada penjelasan terbaru dari BMKG apakah ada irisan antara gempa di Jepara dengan di Banten.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy