Bayar Pajak Kendaraan Makin Mudah, Gunakan Aplikasi Baru Si Ondel Saja

Bayar Pajak Kendaraan Makin Mudah, Gunakan Aplikasi Baru Si Ondel Saja
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (tengah) berikan keterangan peluncuran aplikasi Si Ondel di Polda Metro Jaya, Selasa (22/9/2020). Foto: ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya melakukan terobosan baru dengan mengadopsi teknologi informasi secara adaptif di era revolusi industri 4.0.

Melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menerapkan strategi baru menuju pelayanan standar budaya baru (PSBB).

Dirtlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan hal itu dilakukan demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat.

Adapun tiga aplikasi yang diluncurkan yaitu aplikasi, aplikasi Samsat online Delivery atau si ondel, Electronik Traffic Law Enforcement (E-TLE), aplikasi jaga simpang atau Si Jampang.

Pertama, Si Ondel, aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.

Kedua, aplikasi Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) yang dikembangkan oleh Dirtlantas Polda Metro Jaya sejak November 2018.

"Aplikasi kedua sebenarnya bukan peluncuruan baru tetapi adalah hard launching. Kemarin saat operasi patuh di bulan Juni. Kami melaksana soft launching E-TLE tahap pertama selama dua bulan Agustus-September. Maka, kami menyatakan hari ini E-TLE tahap kedua," ujar Dirtlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo kepada wartawan di Gedung Prometer, Selasa (22/9).

Adapun ditahap pertama, kata dia 12 kamera dan tahap kedua 45 kamera sehingga sudah telah beroperasi secara penuh di 57 titik yang ada di Jakarta.

Ketiga, aplikasi Sih Jampang. Aplikasi ini berfungsi melakukan monitoring, mobilasi, serta berkoordinasi personel Polantas secara real time dan online.

Aplikasi ini membantu anggota dalam proses absensi, laporan kegiatan, laporan penilaian kinerja.

Selain itu, memantau kondisi sekitar serta emergency. Sementara untuk pimpinan, aplikasi itu membantu koordinasi, monitoring anggota, penentuan penilaian, rekam jejak, serta pengawasan dan audit.

"Harapannya, aplikasi ini akan mampu meningkatkan kinerja Ditlantas Polda Metro Jaya dalam mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar," pungkas Sambodo.

BACA JUGA: BNN Sebut Oknum Anggota Dewan Ini Licin bak Belut, Rekan Sejawat Bilang Begini

Untuk diketahui, ketiga aplikasi tersebut diluncurkan untuk mengisi hari lalu lintas Bhayangkara ke-65 yang jatuh tepat pada, Selasa (22/9) hari ini. (mcr3/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan tiga aplikasi berbasis online sebagai strategi baru menuju Pelayanan Standar Kebiasaan Baru (PSBB)


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News