BBPLK Bekasi Mulai Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

BBPLK Bekasi Mulai Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi
Pembukaan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018. Foto: Ist

jpnn.com, BEKASI - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Mulai menggelar program Competency Based Training (CBT) atau Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 576 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala BBPLK Bekasi Helmiati Basri mengatakan pelatihan kerja ini adalah wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran.

“Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia,” kata BBPLK Bekasi Helmiati Basri saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I Tahun 2018 di BBPLK, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1).

Pembukaan PBK ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Helmiati Basri secara simbolis kepada empat peserta PBK yang berasal dari 4 kejuruan yaitu bidang Elektronika, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Refrigeration (mesin pendingin) dan Pariwisata.

Dalam arahannya, Helmiati mengatakan, program ini dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan pelatihan kerja kepada warga masyarakat yang membutuhkan keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

Menurut Helmiati, pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat.

Hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 576 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News