Bea Cukai Bantu Pelaku UMKM Galakkan Ekspor

Bea Cukai Bantu Pelaku UMKM Galakkan Ekspor
Bea Cukai terus memberikan asistensi kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan produk hingga masuk pasar internasional. Ilustrasi foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus membidik UMKM yang berpotensi ekspor di berbagai daerah untuk meningkatkan produksi mereka.

Kantor pelayanan Bea Cukai mengasistensi para pelaku UMKM untuk menggalakkan ekspor produknya.

Instansi yang telah berkontribusi aktif dalam mendorong ekspor UMKM bersama Bea Cukai adalah BKIPM, Surveyor Indonesia, Rumah BUMN Tegal, dan Universitas Jember.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Kamis (2/6) mengatakan, empat instansi itu bersedia membuka ruang diskusi dan konsultasi ekspor bagi para pelaku UMKM.

“Sebenarnya banyak sekali potensi luar biasa yang dimiliki para UMKM dengan kualitas produk yang mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional. Namun, banyak pelaku usaha yang belum memahami ekspor dan impor,'' ujarnya.

Hatta berharap dukungan instansi lain dan masyarakat luas agar produk UMKM tidak hanya dikenal dalam pasar domestik, tetapi juga berkembang dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Hatta menyebutkan, di Merauke, Bea Cukai menggandeng Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) untuk melaksanakan asistensi ekspor ke beberapa UMKM berpotensi ekspor.

Misalnya, Mitra Timur Rayatama, CV. Bintang Fahri Internasional, dan CV. Papua Bintang Mahkota Utama.

Bea Cukai bersama empat instansi lain membantu pelaku UMKM untuk menggalakkan ekpsor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News