Bea Cukai Beberkan Kunci Memperkuat Fungsi Pelayanan

Bea Cukai Beberkan Kunci Memperkuat Fungsi Pelayanan
Bea Cukai dan Bea Cukai Tual berupaya memperkuat fungsi pelayanan dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi lain di wilayah pelayanan masing-masing. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai dan Bea Cukai Tual berupaya memperkuat fungsi pelayanan dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi lain di wilayah pelayanan masing-masing.

Koordinasi dilakukan baik dengan melakukan kunjungan langsung atau menerima kunjungan instansi lain guna membicarakan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan dalam peningkatan pelayanan.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai Sudiro mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas sebagai industrial assistance dan trade facilitator pihaknya akan bersinggungan secara langsung maupun tidak langsung dengan instansi lain.

Hal itu untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas tersebut dibutuhkan sinergi dan koordinasi yang berkesinambungan.

“Sinergi berasal dari bahasa Yunani synergos yang berarti bekerja bersama-sama. Sinergi adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal. Hal ini pun merupakan implementasi dari nilai-nilai Kementerian Keuangan, yakni senantiasa bersinergi dengan stakeholder dan memberikan pelayanan yang baik dengan memenuhi setiap undangan dan/atau permintaan sebagai narasumber,” jelas Sudiro dalam keterangan resminya, di Jakarta, Selasa (10/8).

Sudiro mengatakan kerja sama terus dijalin Bea Cukai Ambon dengan BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan) Ambon dilakukan untuk mendorong potensi ekspor dari bumi Maluku khususnya Ambon.

Hal ini tercermin dari kunjungan Kepala BPOM Ambon yang baru yaitu Hermanto, S Si, Apt, MPPM ke Kantor Bea Cukai Ambon pada 5 Agustus 2021 lalu.

Bea Cukai selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku, salah satu tujuannya adalah untuk menggali potensi ekspor.

Bea Cukai dan Bea Cukai Tual berupaya memperkuat fungsi pelayanan dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi lain di wilayah pelayanan masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News