Bea Cukai dan Bank Mandiri Berkolaborasi dalam Layanan Perbankan pada NLE

Bea Cukai dan Bank Mandiri Berkolaborasi dalam Layanan Perbankan pada NLE
Bea Cukai dan Bank Mandiri menandatangani perjanjian kerja sama terkait layanan perbankan melalui NLE yang berlangsung di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta, Senin (11/10). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Tim Pelaksana Penataan National Logistics Ecosystem (NLE) yang merupakan bagian dari Kementerian Keuangan diwakili Bea Cukai dan Bank Mandiri menandatangani perjanjian kerja sama terkait layanan perbankan melalui NLE, Senin (11/10).

NLE merupakan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen, baik internasional maupun domestik yang berorientasi pada kerja sama antarinstansi pemerintah dan swasta.

NLE terdiri dari empat pilar utama. Pilar ketiga berbunyi 'kemudahan transaksi dan fasilitasi pembayaran' dengan tujuan untuk mempermudah proses pembayaran penerimaan negara dan fasilitasi pembayaran antarpelaku usaha, yang secara operasional dikembangkan melalui kerja sama dengan bank dan platform pembayaran online.

Sebagai dasar pengaturan dan pemberlakuan perikatan kerja sama terkait pemberian pelayanan pembayaran atau pembiayaan kepada pihak lain yang memiliki hubungan kerja sama dalam kerangka NLE, dibutuhkan sebuah perjanjian kerja sama antara Tim NLE dengan pihak perbankan atau platform pembayaran lainnya.

Dalam hal ini, Bank Mandiri sebagai entitas perbankan pertama yang mengadakan perjanjian kerja sama dengan NLE.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama antara Tim NLE dengan Bank Mandiri adalah pemanfaatan layanan perbankan secara elektronik pada portal NLE sesuai ketentuan yang berlaku, yang meliputi pemenuhan kewajiban keuangan negara.

Berupa pembayaran penerimaan negara, pembayaran biaya logistik yang telah diberitahukan dan diberlakukan dalam portal NLE, serta pemberian kemudahan atau fasilitas pembiayaan dan/atau penjaminan pembayaran terkait layanan yang akan diatur lebih lanjut sesuai kesepakatan, untuk dapat digunakan pihak lain yang terkait.

Perjanjian kerja sama berlaku untuk jangka waktu 5 tahun sejak ditandatangani dan selanjutnya diperpanjang sesuai kesepakatan dengan melakukan evaluasi.

Bea Cukai menggandeng Bank Mandiri terkait kerja sama dalam layanan perbankan pada National Logistics Ecosystem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News