Bea Cukai Dorong Ekspor Hasil Laut Dari Kalimantan Timur

Bea Cukai Dorong Ekspor Hasil Laut Dari Kalimantan Timur
Bea Cukai Balikpapan dan Bea Cukai Wilayah Kalimantan Bagian Timur pada Rabu (4/11), mengundang Utary Octavianty yang merupakan co-founder Aruna Indonesia guna mendorong kegiatan ekspor di Kalimantan. Foto: Hums Bea Cukai

jpnn.com, BALIKPAPAN - Untuk mendorong kegiatan ekspor di Indonesia, Bea Cukai secara aktif menggali potensi tersebut dengan mengedukasi para pelaku usaha berorientasi ekspor dan menyediakan asistensi untuk mereka.

Hal tersebut yang baru saja dilakukan Bea Cukai Balikpapan dan Bea Cukai Wilayah Kalimantan Bagian Timur untuk mendorong kegiatan ekspor di Kalimantan.

Pada Rabu (4/11), Bea Cukai Balikpapan mengundang Utary Octavianty yang merupakan co-founder Aruna Indonesia. Aruna Indonesia adalah sebuah platform di bidang kelautan dan perikanan yang menghubungkan komunitas nelayan langsung dengan pembeli.

Saat ini nelayan yang terintegrasi dengan Aruna sekitar 15 ribu yang tersebar mulai Sumatera sampai Papua.

Saat ini Aruna menggunakan ±33 “rumah nelayan”/miniplan dalam proses distribusi dan pengolahan awal produk. Di masing-masing rumah nelayan tersebut, aruna membuka lapangan pekerjaan dengan memberdayakan 10-20 pekerja yang berdasal dari keluarga nelayan.

“Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki potensi yang masif di bidang perikanan. Namun, laut belum menjadi sumber kehidupan yang baik, khususnya bagi warga pesisir,” ungkap Utary.

Aruna dihadapkan dengan berbagai macam tantangan. Mulai dari meyakinkan para nelayan agar tergabung dengan Aruna, nelayan yang belum terbiasa menjual ikan secara online melalui aplikasi.

Tantangan lainnya adalah jalur pengiriman logistik secara langsung ke negara pembeli belum tersedia. Dari kota Balikpapan, penerbangan harus transit dulu ke bandara Soekarno Hatta atau Juanda.

Bea Cukai secara aktif mengedukasi para pelaku usaha berorientasi ekspor dan menyediakan asistensi untuk mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News