Bea Cukai Sidoarjo Lepas 272 Ton Ekspor Komoditas Pertanian Kawasan Berikat

Bea Cukai Sidoarjo Lepas 272 Ton Ekspor Komoditas Pertanian Kawasan Berikat
Pelepasan ekspor komoditas pertanian. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, SIDOARJO - Bea Cukai kembali berkontribusi dalam mendorong ekspor di berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, Bea Cukai Sidoarjo membantu PT Aneka Kakao melakukan ekspor 13 kontainer yang setara dengan 272 ton komoditas pertanian berupa Cocoa Sugar Mix, Natural Cocoa Powder, dan Alkalized Cocoa Powder.

Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo Nur Rusydi mengungkapkan bahwa Bea Cukai akan terus berupaya mendorong ekspor sejalan dengan program pemerintah.

"Salah satu program pemerintah adalah memaksimalkan produksi lokal dan mendorong ekspor. Kami akan berupaya untuk menjalankan program tersebut melalui fasilitas-fasilitas untuk kemudahan ekspor,” ungkap Nur.

Diungkapkan oleh Ali Jamil, bahwa potensi ekspor komoditas asli indonesia terkait pertanian dan perkebunan perlu ditingkatkan, sekaligus mendayagunakan petani indonesia dan menampung sebanyak mungkin komoditas untuk diolah, sehingga ada added value, mengingat selama ini masih banyak ekspornya dalam bentuk mentah, tanpa diproses lebih lanjut menjadi produk turunan.

Selaras dengan kebutuhan pembiayaan, yang membutuhkan peran serta Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia dalam mendukung pertumbuhan, start up, UMKM dan milenial berbasis ekspor komoditas pertanian, Bea Cukai dan Kementerian Pertanian telah pula berkomitmen memberi support terkait integrasi data untuk kemudahan ekspor, sehingga dimungkinkan pengusaha memperoleh data market ekspor yang sudah berjalan.(jpnn)

Bea Cukai Sidoarjo membantu PT Aneka Kakao melakukan ekspor 13 kontainer yang setara dengan 272 ton komoditas pertanian.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News