Bea Cukai Tekankan Pentingnya Kolaborasi Antarinstansi untuk Optimalkan Pengawasan

Bea Cukai Tekankan Pentingnya Kolaborasi Antarinstansi untuk Optimalkan Pengawasan
Kepala Kanwil Bea Cukai Sumut Parjiya (kanan) bersama Dantamal I Belawan Brigjen (Mar) Jasiman Purba, Kamis (21/3). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BELAWAN - Kinerja industri dan perdagangan yang terus meningkat seiring kemajuan perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi Bea Cukai selaku institusi yang mengawasi peredaran barang dari dan ke luar negeri.

Untuk menjalankan pengawasan dan pelayanan yang optimal, Bea Cukai menjalin kerja sama dengan institusi dan lembaga lainnya.

Hal tersebut seperti yang dilakukan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Utara (Sumut) dan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara).

Dalam rangka memperkuat sinergi antarinstansi pemerintah, Kepala Kanwil Bea Cukai Sumut Parjiya melakukan kunjungan kerja ke Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan pada Kamis (21/03).

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan kunjungan ini tidak hanya sebagai bentuk peningkatan hubungan baik antara Bea Cukai dengan Lantamal I Belawan.

"Namun juga sebagai wadah diskusi strategis mengenai rencana kolaborasi dalam pelaksanaan patroli laut bersama,” ujar Encep dalam keterangan resminya, Jumat (22/3).

Dia menyampaikan fokus utama kerja sama adalah pencegahan dan penindakan terhadap penyulundupan narkotika, psikotropika, dan prekusor (NPP) di perairan Sumut.

Menurut Encep, tantangan yang dihadapi Bea Cukai dalam melaksanakan pengawasan barang ilegal dan/atau berbahaya begitu kompleks sehingga membutuhkan sinergi dan kerja sama yang kuat dari berbagai pihak.

Bea Cukai menjalin kerja sama dengan institusi dan lembaga lainnya untuk menjalankan pengawasan dan pelayanan yang optimal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News