Bea Cukai Tinjau Proses Pelayanan dan Fasilitas Perusahaan Lewat CVC

Bea Cukai Tinjau Proses Pelayanan dan Fasilitas Perusahaan Lewat CVC
Bea Cukai Soekarno-Hatta melakukan kunjungan ke Tempat Penimbunan Sementara (TPS) DHL Express. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melalui program customs visits customer (CVC) melakukan kunjungan ke beberapa pengguna jasa untuk meninjau proses pelayanan dan fasilitas yang diberikan.

Kali ini, CVC dilakukan oleh Bea Cukai Soekarno-Hatta, Jakarta dan Banyuwangi.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Tubagus Firman mengatakan CVC merupakan wadah komunikasi dan bertukar pesan antara Bea Cukai dan pengguna jasa dalam mengoptimalkan layanan.

“Tujuannya untuk memberikan penyuluhan dan edukasi terkait peraturan yang harus dilakukan oleh para pengguna jasa demi perbaikan pelayanan,” kata Firman.

Di Tangerang, Bea Cukai Soekarno-Hatta melakukan kunjungan ke Tempat Penimbunan Sementara (TPS) DHL Express, untuk meninjau proses pelaksanaan pengeluaran barang impor, Senin (18/10).

Kunjungan itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan volume barang impor dan tingginya angka dwelling time kargo di Bandara Soetta.

Firman menjelaskan setiap barang impor yang ditimbun di TPS, akan dilakukan penelitian dokumen oleh Pejabat Bea Cukai terlebih dahulu.

Dia menambahkan, bila diperlukan sesuai dengan pertimbangan manajemen risiko, petugas akan melakukan pemeriksaan fisik barang impor.

“Secara sederhana, setiap barang impor yang masuk diawasi dua hal terlebih dahulu seperti pungutan negara yang terutang dan perizinan larangan serta pembatasan (lartas) sesuai aturan instansi terkait," ungkapnya.

Bea Cukai melalui program customs visits customer (CVC) melakukan kunjungan ke beberapa pengguna jasa untuk meninjau proses pelayanan dan fasilitas yang diberikan.