Beda Nasib antara Alonso, Gutierrez dan Rio Haryanto

Beda Nasib antara Alonso, Gutierrez dan Rio Haryanto
HANCUR: Mobil Fernando Alonso remuk karena menghantam pembatas sirkuit Melbourne Grand Prix Circuit di Albert Park, Australia (20/3).

jpnn.com - MELBOURNE – Fernando Alonso mungkin bisa disebut sebagai orang paling beruntung di dunia. Dalam kecelakaan mengerikan saat menabrak roda belakang mobil Esteban Gutierrez (Haas-Ferrari) di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3) lalu, mobil Alonso rusak parah. Hancur. Namun, pembalap tim McLaren-Honda asal Spanyol itu tetap sehat walafiat.

Gara-gara kecelakaan itu, Honda terpaksa mengeluarkan alokasi mesin yang kedua di Bahrain pada 3 April nanti. Padahal, dengan 21 seri yang akan berlangsung sepanjang musim ini, maksimal alokasi mesin hanya lima unit. Lebih dari itu sudah pasti dikenai sanksi.

investigasi penyebab kecelakaan tersebut. Dalam pemeriksaan itu pula, akan diketahui suku cadang apa saja yang masih bisa dipakai dari mesin #1. Namun, melihat kondisi mobil yang remuk, tidak akan banyak bagian mesin yang bisa diselamatkan.

’’Mungkin hampir seluruh komponen mesin telah rusak akibat kecelakaan Fernando di Melbourne.’’ Demikian bunyi pernyataan resmi Honda sebagaimana dilansir Motorsport. Memang masih terlalu cepat menyimpulkan bahwa mesin yang langsung diterbangkan ke Jepang itu tidak bisa lagi diperbaiki dan digunakan. Namun, sambil menunggu hasil investigasi, Alonso akan mendapat mesin baru.

’’Dengan memberi Alonso mesin baru, kami punya waktu lebih luang untuk mengevaluasi kerusakan mobilnya,’’ tambah pernyataan Honda.

Akibat kecelakaan tersebut, Alonso maupun Gutierrez tidak mendapat sanksi apa pun dari pengawas lomba. Padahal, insiden tersebut membahayakan pembalap yang lain. Juga hampir merenggut nyawa Alonso.

Itu bertolak belakang dengan sanksi yang dengan mudah dijatuhkan kepada pembalap Indonesia Rio Haryanto ketika terlibat senggolan pelan dengan pembalap Haas yang lain, Romain Grosjean, di pit lane dalam sesi latihan GP Australia. 

Akibat insiden ringan tersebut, Rio disanksi mundur dua posisi start pada balapan debutnya. (cak/c4/nur)


MELBOURNE – Fernando Alonso mungkin bisa disebut sebagai orang paling beruntung di dunia. Dalam kecelakaan mengerikan saat menabrak roda belakang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News