Begini Arti Hari Kemenangan Atas Nazisme dan Persatuan Eropa bagi Ukraina

Begini Arti Hari Kemenangan Atas Nazisme dan Persatuan Eropa bagi Ukraina
Tangkapan layar Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

jpnn.com, JAKARTA - Bangsa Ukraina memperingati hari kemenangan atas Nazisme dalam Perang Dunia II dan Hari Persatuan Eropa.

Bagi Ukraina, tahun ini kedua perayaan tersebut sangat bermakna karena dalam kondisi membebaskan diri dari penjajahan Rusia.

Perseteruan antara pemimpin Jerman Adolf Hitler yang berhaluan fasisme dan diktator komunis Uni Sovyet Joseph Stalin menyebabkan pecahnya Perang Dunia II di Eropa.

Sedikitnya 60 juta orang tewas sebelum Nazi menyerah pada 8 Mei 1945 dan Perang Dunia II berakhir.

Kemudian, Hari Persatuan Eropa diperingati setiap 9 Mei untuk mengenang Deklarasi Menteri Luar Negeri Prancis Schuman.

Pada 9 Mei 1950, Schuman mengusulkan hubungan damai antarnegara Eropa saat merintis industri batu bara dan baja antara Prancis dan Jerman Barat.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengatakan hari kemenangan atas Nazisme dan Perang Dunia II dan Hari Persatuan Eropa digelar dalam suasana keprihatinan.

“Seluruh dunia menjadi saksi, Ukraina menjadi korban kelemahan, ketakutan, serta keragu-raguan masyarakat internasional pada saat itu akhirnya mendorong Rusia yang dipimpin diktator Vladimir Putin menjalankan ambisi dan kejahatan melalui agresi militer,” kata Hamianin, Minggu (8/5).

Bangsa Ukraina memperingati hari kemenangan atas Nazisme dalam Perang Dunia II dan Hari Persatuan Eropa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News