Begini Cara agar Konsumen Yakin terhadap Produk yang Dibeli

Begini Cara agar Konsumen Yakin terhadap Produk yang Dibeli
Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya saat mmebuka acara peringatan Hari Akreditasi Internasional di Jakarta, Rabu (1/6). Foto: Mesya Muhammad/JPNN.com

jpnn.com - ‎JAKARTA--Dalam era perubahan yang semakin cepat, pasar hanya bisa berfungsi dengan baik jika pembeli memiliki keyakinan bahwa produsen memenuhi standar yang dipersyaratkan. 

Semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen maka kian mempengaruhi  keputusan pembelian. 

Namun, menurut Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya, dalam kondisi pasar yang kompetitif dan kompleks, sangat sulit bagi konsumen meminta jaminan  tentang kualitas barang yang dibelinya kepada produsen. 

"Dibutuhkan sistem yang mampu memberikan rasa percaya kepada satu sama lain. Cara itu adalah evaluasi independen di mana ada pihak ketiga yang melakukan sertifikasi terhadap sebuah produk," kata Bambang dalam sambutannya di acara peringatan Hari Akreditasi Internasional di Jakarta, Rabu (1/6).

Proses sertifikasi tersebut, lanjutnya, harus didukung oleh Lembaga Akreditasi yang kredibel dan terpercaya. 

Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah lembaga non-struktural yang membantu tugas Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi di Indonesia.

"Akreditasi diperlukan sebagai jaminan/pengesahan oleh pihak ketiga terkait yang menunjukkan bahwa lembaga penilaian kesesuaian  (lembaga sertifikasi, laboratorium, dan lembaga inspeksi) kompeten untuk melaksanakan tugas-tugas penilaian kesesuaian tertentu sesuai dengan ISO / IEC 17000:2004," bebernya.

Ditambahkan Plt Kepala Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN Donny Purnomo J.E, akreditasi merupakan bagian penting dari kegiatan penilaian kesesuaian yang menjadi tugas dan tanggung jawab BSN. Kendati ugas tersebut tidak secara langsung dilakukan oleh BSN. 

‎JAKARTA--Dalam era perubahan yang semakin cepat, pasar hanya bisa berfungsi dengan baik jika pembeli memiliki keyakinan bahwa produsen memenuhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News