Begini Cara Bea Cukai Dorong Produk Lokal ke Pasar Ekspor

Begini Cara Bea Cukai Dorong Produk Lokal ke Pasar Ekspor
Bea Cukai melalui unit layanannya di sejumlah daerah menyambangi para pelaku usaha guna memberikan edukasi dan pendampingan ekspor. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melalui unit layanannya di sejumlah daerah menyambangi para pelaku usaha guna memberikan edukasi dan pendampingan ekspor.

Langkah itu mereka lakukan untuk mendorong produk lokal berjaya di pasar ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar mengatakan terdapat tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam memasuki pasar ekspor, yaitu kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.

Untuk itu, Bea Cukai berupaya membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya, juga menjaga konsistensi para pelaku usaha yang telah mengekspor produknya untuk melaksanakan ekspor secara berkesinambungan.

"Kesempatan ini diharapakan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya," ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar, yang juga menyebutkan bahwa unit-unit vertikal Bea Cukai yang telah melaksanakan asistensi ekspor ialah Bea Cukai Tanjungpandan, Bea Cukai Bandung, dan Bea Cukai Tanjung Emas.

Di wilayah Pulau Belitung, Bea Cukai Tanjungpandan mengunjungi Pepper Secret, yang merupakan UMKM produsen wewangian berbahan dasar biji lada lokal.

Usaha yang mulai dirintis sejak 2015 ini, menggunakan lada dari daerah Belitung.

Produk aroma terapi yang disediakan Pepper Secret ada beberapa jenis, mulai dari essential oil, muscle oil, muscle balm, hingga parfum. Semua produk tersebut memiliki pasar ekspor yang sangat besar.

Selain mengunjungi pelaku UMKM, kantor Bea Cukai ini juga berkunjung ke agen pelayaran PT Ligita Jaya untuk memberikan asistensi atas program konsolidasi usaha tujuan ekspor.

Bea Cukai melalui unit layanannya di sejumlah daerah menyambangi para pelaku usaha guna memberikan edukasi dan pendampingan ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News