Begini Cara Kemenparekraf Menggairahkan Industri Penerbitan

Begini Cara Kemenparekraf Menggairahkan Industri Penerbitan
Ricky J. Pesik, staf khusus Menparekraf Bidang Digital dan Industri Kreatif. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan stimulus kepada para penulis dengan mengadakan kegiatan Nulis dari Rumah.

Dalam kegiatan tersebut Kemenparekraf menggandeng Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). 

Berdasarkan survei yang dilakukan IKAPI pada April 2020 mengenai dampak COVID-19 terhadap industri penerbitan, terungkap 95,9 persen penerbit mengalami penurunan penjualan.

Dan, sebanyak 25 persen penerbit menghentikan produksi buku. 

Rosidayati Rozalina, ketua umum IKAPI mengatakan, untuk menggairahkan kembali industri penerbitan, dibutuhkan stimulus dari pemerintah berupa bantuan pembelian buku kepada penerbit yang berminat menerbitkan 100 karya terpilih program Nulis dari Rumah.

"Jadi 100 karya terpilih ini diterbitkan dalam bentuk buku cetak maupun elektronik yang sudah dikompilasi dan diedit sehingga menjadi dua naskah buku, masing-masing berisi 50 cerpen dan 50 esai," terang Rosidayati dalam peluncuran buku pemenang Nulis dari Rumah Kemenparekraf secara daring, Senin (5/10).

Pada kesempatan sama, Ricky J. Pesik, staf khusus Menparekraf Bidang Digital dan Industri Kreatif mengharapkan dengan diluncurkan buku para pemenang ini bisa membuka peluang kerja sama bagi para penulis (creator) dan pelaku industri kreatif lainnya.

Buku kumpulan cerpen berjudul Pesan Penyintas Siang diterbitkan oleh Mekar Cipta Lestari Publisher (MCL Publisher); dan antalogi esai berjudul Saatnya Menjadi Bangsa yang Tangguh diterbitkan Pustaka Obor Indonesia.

Guna menggairahkan industri penerbitan, Kemenparekraf memberikan stimulus bagi penulis dengan mengadakan kegiatan nulis dari rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News