Begini Cara Kementan Penuhi Kebutuhan Pangan Sepanjang 2023

Begini Cara Kementan Penuhi Kebutuhan Pangan Sepanjang 2023
Kementerian Pertanian (Kementan) membeberkan strategi jitu untuk memenuhi kebutuhan pangan sepanjang 2023. Ilustrasi Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan akan semakin gencar melakukan pembinaan pada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di tahun ini.

Langkah itu mereka lakukan untuk menghasilkan beras berkualitas dengan harga terjangkau.

Bila flashback pada 2022, tingkat produktivitas beras nasional sangat optimal sesuai dengan perencanaan yang ada.

Terhitung di tahun 2022 luas panen nasional diatas 10 juta hektare.

Peningkatan produksi 2022 itu ditopang oleh berbagai program seperti peningkatan produksi dan produktivitas, peningkatan indek tanam, penggunaan benih unggul, mekanisasi, mendorong efisiensi usahatani, bimtek, penyuluhan, kredit KUR, kemitraan, pascapanen, dan lainnya

Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan Bambang Pamudji mengatakan stok beras di beberapa wilayah masih sanggup memenuhi kebutuhan beras dengan data sebaran yang terperinci di pelaku usaha beras.

"Bila mengacu Prognosa BPS pada Februari 2023 memasuki panen raya seluas 1,4 juta hektar yang setara dengan 4,3 juta ton beras," kata Bambang.

Dia menambahkan sesuai arahan Menteri Pertanian dalam menghadapi ancaman iklim ekstrem 2023, maka dilakukan beberapa upaya antisipasi, adaptasi, dan mitigasi.

Kementerian Pertanian (Kementan) membeberkan strategi jitu untuk memenuhi kebutuhan pangan sepanjang 2023. Simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News