Begini Cara Mencegah Batu Ginjal

Begini Cara Mencegah Batu Ginjal
fox news

jpnn.com - LONDON- Semua orang pasti ingin terhindar dari penyakit batu ginjal. Pasalnya, batu ginjal sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika batu ginjal membesar dan terjebak di saluran kemih, hal itu bisa menyebabkan sakit parah, membatasi aliran urin dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Berikut tips mencegah batu ginjal

1. Tetap terhidrasi

"Penyebab terbesar dari batu ginjal adalah dehidrasi. Mineral dari makanan yang kita makan, seperti kalsium, oxylate, fosfat atau asam urat, mengkristal ketika tidak ada cukup cairan dalam tubuh untuk mencairkan mereka," kata direktur endourologi, Dr. Julio Davalos, seperti dilansir laman Fox News, Senin (11/5).

Pasien dengan riwayat batu ginjal perlu mengonsumsi sekitar tiga liter cairan setiap harinya, sebaiknya air putih. Urine yang berwarna gelap merupakan tanda dehidrasi dan pasien yang sehat menghasilkan sekitar setengah galon urin setiap hari.

2. Mengurangi garam

Diet tinggi natrium bisa memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin Anda. Jika Anda memiliki sejarah batu ginjal, sebaiknya menjaga asupan natrium kurang dari 1.500 mg per hari dengan menghilangkan makanan olahan dan menghindari menggunakan garam meja saat makan.

3. Kalsium

LONDON- Semua orang pasti ingin terhindar dari penyakit batu ginjal. Pasalnya, batu ginjal sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika batu ginjal membesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News