Begini Caranya Jika Anak Sulit Minum Air Putih, Tolong Disimak, Penting

Begini Caranya Jika Anak Sulit Minum Air Putih, Tolong Disimak, Penting
Dokter Spesialis anak dr Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A (K) membeberkan sejumlah cara agar seorang anak bisa mengonumsi minuman yang sehat setiap hari. ilsutrasi, Foto: Freepix

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Spesialis anak dr Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A (K) membeberkan sejumlah cara agar seorang anak bisa mengonsumsi minuman yang sehat setiap hari.

Pertama, kata dia, letakan potongan buah segar ke dalam air mineral sebagai penambah rasa.

Kemudian, pilihlah susu sapi atau susu kedelai dengan rasa tawar. Orangtua juga dapat memberikan air kelapa tanpa pemanis atau jus buah murni tanpa tambahan susu atau gula.

Dia menyarankan agar orang tua menghindari jenis minuman seperti soda, susu, atau jus buah dengan tambahan gula dan pewarna, serta minuman berkafein.

"Minuman ini mengandung tambahan kalori kosong, yaitu kalori tanpa nilai nutrisi dan juga dapat memperberat kerja ginjal, terutama pada anak berusia kurang dari lima tahun," kata Cahyani menegaskan.

Air putih atau air mineral merupakan sumber cairan terbaik karena tidak mengandung gula dan kalori.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa cairan yang berwarna, seperti susu, atau memiliki rasa, misalnya dengan gula, akan lebih disukai oleh anak.

Orang tua perlu mengingat bahwa cairan yang berwarna dan manis ini mengandung kalori, sehingga harus dikonsumsi secara hati-hati.

Dokter Spesialis anak dr Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A (K) membeberkan sejumlah cara agar seorang anak bisa mengonumsi minuman yang sehat setiap hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News