Begini Format Liga 2 2021, Berbeda dengan Tiga Musim Sebelumnya

Begini Format Liga 2 2021, Berbeda dengan Tiga Musim Sebelumnya
Ketum PSSI M Iriawan menanggapi hasil akhir pertandingan Timnas Indonesia vs UEA. Ilustrasi Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Melalui Managers Meeting yang digelar Kamis (16/9) sore WIB, PSSI sudah menyetujui format kompetisi Liga 2 2021 yang diajukan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Liga 2 2021 rencananya akan terbagi dalam empat grup dengan sistem double round robin. Setiap grup bakal diisi oleh enam klub karena kompetisi sepak bola kasta kedua di Indonesia ini bakal diikuti 24 kontestan.

Dengan adanya penambahan jumlah peserta menjadi 24 klub, gelaran Liga 2 di tahun ini berbeda dengan musim-musim sebelumnya

Sejak 2018 sampai 2020, PT LIB selalu menggelar Liga 2 dengan format dua wilayah, yaitu Barat dan Timur.

Namun, baik PSSI maupun PT LIB belum memastikan tuan rumah fase penyisihan grup Liga 2 2021.

"Kami sudah mendapat arahan dari PSSI terkait pelaksanaan Liga 2 2021. Mulai dari pembagian grup, penjadwalan pertandingan pada tiap babaknya, sampai dengan hal-hal teknis lain dalam pelaksanaan kompetisi. Liga 2 akan bergulir pada 26 September," tegas perwakilan PT LIB.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Liga 2 akan memainkan format home tournament dengan sistem double round robin di babak penyisihan. Nantinya, dua tim terbaik dari masing-masing grup berhak lolos ke babak delapan besar.

Klub-klub yang lolos fase grup, bakal kembali bertarung dalam format home tournament untuk memperebutkan empat tiket menuju semifinal.

PSSI sudah menyetujui format kompetisi Liga 2 2021 yang diajukan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Terdapat perbedaan mencolok dari format di tahun-tahun sebelumnya.