Begini Janji DPD RI Terhadap Para Raja dan Sultan se-Nusantara

Begini Janji DPD RI Terhadap Para Raja dan Sultan se-Nusantara
DPD RI menjamu para raja dan sultan se-Nusantara yang tergabung dalam MAKN pada gala dinner menyambut HUT ke-17 DPD RI. Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI membuka pintu seluas-luasnya bagi Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) untuk menyuarakan kepentingan pada raja dan sultan di Nusantara.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Panitia HUT ke-17 DPD RI Sylviana Murni dalam sambutannya pada gala dinner yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (30/9).

Dalam gala dinner tersebut Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bertindak sebagai tuan rumah didampingi para senator lain, menjamu para raja dan sultan se-Nusantara yang tergabung dalam MAKN.

Menurut Sylviana, pintu DPD terbuka lebar karena sudah menjadi kewajiban lembaga tersebut memperjuangkan kearifan lokal melalui hak adat dan budaya Nusantara.

Senator asal DKI Jakarta ini juga menilai negara harus hadir untuk memastikan sejarah dan budaya yang dimiliki Indonesia mendapatkan tempat yang layak.

Karena hanya bangsa besar yang mampu merawat dan menghormati sejarah peradaban.

Dikatakannya, jika pemerintah melalui Undang-Undang tentang Desa mengeluarkan APBN triliunan rupiah untuk setiap desa, sudah sewajarnya pemerintah mengeluarkan pembiayaan rutin untuk entitas keraton dan kerajaan Nusantara.

Untuk itu DPD RI akan mendorong percepatan pembahasan Rancangan Undang-Undang Masyarakat Hukum Adat yang hingga kini masih terhenti di Badan Legislasi DPR RI.

Begini janji DPD RI terhadap para raja dan sultan se-Nusantara yang tergabung dalam MAKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News