Begini Pesan Mbak Puan Untuk Peserta Tim Nusantara Sehat

Begini Pesan Mbak Puan Untuk Peserta Tim Nusantara Sehat
Puan Maharani menutup dan melantik Tim Nusantara Sehat Batch VI di Pusdikkes kodiklat TNI AD, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (16/5) sore. Foto: Kemenko PMK for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tantangan utama dalam pelayanan kesehatan adalah belum meratanya distribusi sumber daya manusia kesehatan meliputi dokter, perawat, bidan, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, farmasi, analis laboratorium, dan tenaga gizi. 

“Sampai saat ini telah terdistribusi tenaga kesehatan sebanyak 1.422 orang yang terbagi menjadi 251 tim dan ditempatkan di 251 Puskesmas,”ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, saat didaulat menjadi inspektur upacara pada Penutupan dan Pelantikan Tim Nusantara Sehat Batch VI” di Pusdikkes kodiklat TNI AD, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (16/5) sore.

Dalam kesempatan itu, Mbak Puan mewakili pemerintah memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan program Nusantara Sehat yang memiliki tujuan menempatkan tenaga kesehatan untuk bisa memberikan pelayanan di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

“Hal ini tentunya selaras dengan agenda strategis Pemerintah untuk menghadirkan negara dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat," ujar Menko PMK.

Menurutnya lagi, tenaga kesehatan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Salah satunya yaitu untuk mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat sehingga akan terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Hal ini merupakan investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi. Melalui Program Nusantara Sehat para tenaga kesehatan akan dikirim secara tim (team based), di mana diharapkan para tim bisa secara cepat melakukan penyesuaian, sehingga permasalahan pelayanan kesehatan di daerah tujuan bisa cepat ditangani.

Di hadapan 347 orang peserta program Nusantara Sehat Batch VI ini, Menko PMK juga memberikan sejumlah pesannya seperti selalu mengutamakan keselamatan dan menjaga kesehatan serta pesan positif lainnya. Selanjutnya, seluruh peserta program Nusantara yang akan tergabung dalam 60 tim yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu ini akan ditempatkan di 60 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menko PMK berharap para tim yang akan diberangkatkan ini bisa secara cepat melakukan penyesuaian sehingga permasalahan pelayanan kesehatan di daerah tujuan bisa cepat ditangani. Selain itu diharapkan pula peserta Nusantara sehat bisa menjadi wakil pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas di lokasi tempat yang ditugaskan.

Tantangan utama dalam pelayanan kesehatan adalah belum meratanya distribusi sumber daya manusia kesehatan meliputi dokter, perawat, bidan, kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News