Begini Sosok Buya Syafii Maarif di Mata Anwar Abbas

Begini Sosok Buya Syafii Maarif di Mata Anwar Abbas
Waketum MUI Anwar Abbas mengenang sosok Buya Syafii Maarif yang meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022) di Yogyakarta. Foto: ANTARA/Anom Prihantoro

jpnn.com, JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas menilai Buya Syafii Maarif sebagai sosok yang langka. Sebab, mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu dikenal sebagai tokoh yang tidak haus dengan harta dan kekuasaan.

Dia mengatakan hal itu setelah mendapat kabar Buya Syafii Maarif meninggal dunia di Yogyakarta, Jumat (27/5) pagi.

"Hidup beliau boleh dikatakan terbilang sederhana sehingga banyak orang yang terkejut bila berhadapan dengannya," kata Anwar Abbas melalui layanan pesan pada Jumat (27/5).

Wakil ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyebut Buya Syafii selalu mengingatkan siapa saja yang ingin bertemu untuk tidak merayu pria kelahiran Sumatera Barat, itu dengan uang dan kemewahan.

"Barang siapa yang mencoba-coba melakukannya, pasti akan kena semprot oleh beliau (Buya Syafii, red)," ujar Anwar Abbas

Dia mengatakan Buya Syafii Maarif juga sosok yang berprinsip. Pendiri Maarif Institute itu selalu memegang teguh nilai dari ajaran agama yang dianut.

"Oleh karena itu, bila beliau melihat sesuatu kebenaran, beliau tidak takut untuk menentang arus," ungkap Anwar Abbas.

Anwar lantas teringat pesan yang pernah diucapkan Buya Syafii Maarif kepada dirinya yang mengingatkan tentang cita-cita Muhammadiyah.

Waketum MUI Anwar Abbas menilai Buya Syafii Maarif sebagai sosok yang langka. Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5) di Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News