Beginilah Optimisme LPEI Songsong 2021

Beginilah Optimisme LPEI Songsong 2021
Corporate Secretary LPEI, Agus Windiarto. Foto dok LPEI

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mengajak semua pihak, terutama kalangan pengusaha, untuk terus optimistis dalam melihat perkembangan ekonomi nasional.

Terlebih, pemerintah tengah melakukan sejumlah langkah perbaikan ekonomi melalui Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang diyakini sejumlah sektor akan mulai pulih.

"LPEI tahun ini akan fokus penyaluran pembiayaan dan dukungan terhadap sektor-sektor yang akan mengalami perbaikan serta memiliki dampak dalam pemulihan ekonomi nasional," ucap Corporate Secretary LPEI Agus Windiarto  dalam siaran persnya, Selasa (19/1).

Temuan LPEI juga sejalan dengan data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru, di mana hingga akhir November atau di kuartal III 2020, meski masih kontraksi, namun ekonomi Indonesia mengalami pemulihan, ini terlihat perbaikan pada berbagai indikator.

Di antaranya, sebagian besar lapangan usaha yang mulai menunjukkan pertumbuhan.

Salah satu lapangan usaha yang menunjukkan perbaikan adalah sektor industri. Beberapa sektor lain bahkan masih mencatatkan pertumbuhan positif.

Misalnya saja pertanian dan informasi dan komunikasi yang masing-masing tumbuh 2,15 persen dan 10,61 persen.

Jasa kesehatan bahkan tumbuh 15,33 persen, naik signifikan dibandingkan kuartal kedua 3,71 persen.

LPEI tahun ini akan fokus penyaluran pembiayaan dan dukungan terhadap sektor-sektor yang akan mengalami perbaikan serta memiliki dampak dalam pemulihan ekonomi nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News