Belajar Bahasa Indonesia dari Susah Sebut R, Disiksa, Sampai Punya Pacar Cewek Bandung

Belajar Bahasa Indonesia dari Susah Sebut R, Disiksa, Sampai Punya Pacar Cewek Bandung
Ilustrasi Kota Shanghai. Foto: businessinsider

jpnn.com - BANYAK hal menarik yang bisa ditemui saat berkunjung ke Shanghai. Kota padat dengan 20 juta penduduk ini memanjakan pengunjung dengan fasilitas transportasi yang top. Namun, ada pula keunikan lain yang bisa dijumpai di daerah yang merupakan satu dari empat kota terbesar di Tiongkok ini. Apa?

Yessy Artada, Jawa Pos National Network

Dalam sebuah perjalanan singkat penulis beberapa waktu lalu, saat itu suhu di Shanghai mencapai 2 derajat celcius. Kedatangan rombongan penulis di Stasiun Bullet Train Beijing, Shanghai, disambut oleh seorang pemandu wisata.

Dari kejauhan sudah terlihat bendera kecil berwarna oranye. Ah sayang, hujan deras sudah menanti kami saat menuju ke parkiran bus rombongan.

"Ayo kita jalan ke sebelah sana, yang bawa payung atau topi dipakai, kita akan menuju ke bus," kata pemandu wisata tanpa memperkenalkan namanya.

Dia fasih berbahasa Indonesia dan mengerti apa yang kami bicarakan. 

Karena hujan, dan rombongan harus segera masuk bus, si pemandu belum memperkenalkan namanya kepada kami.

Tiba di bus dengan sedikit kuyup, barulah dia mengambil mik dan memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia bercampur logat Shanghai.

BANYAK hal menarik yang bisa ditemui saat berkunjung ke Shanghai. Kota padat dengan 20 juta penduduk ini memanjakan pengunjung dengan fasilitas transportasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News