Belasan Penderita HIV/AIDS di Tulungagung Meninggal

Belasan Penderita HIV/AIDS di Tulungagung Meninggal
Belasan Penderita HIV/AIDS di Tulungagung Meninggal

jpnn.com - TULUNGAGUNG - Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Tulungagung, Jawa Timur tampaknya, cukup banyak. Sebab, ODHA yang meninggal cukup banyak selama tiga bulan pertama 2014 saja mencapai 14 orang. Sedangkan pada bulan ini saja terdeteksi 21 ODHA baru.

Hal tersebut diungkapkan Kasi P2PL Dinkes Tulungagung, Didik Eka. Menurut dia, setiap bulan jumlah ODHA terus meningkat. Pada 2012 ditemukan 144 kasus dan pada 2013 ada 152 kasus.

Diperkirakan, pada 2014 jumlah itu semakin tinggi. Sebab, hingga Maret 2014 saja, terdapat 53 kasus dan 14 di antaranya meninggal. “Sebagian besar ODHA yang meninggal adalah laki-laki yang bekerja swasta,” ungkapnya.

Didik menjelaskan, dalam menghadapi bertambahnya jumlah penderita ODHA di Tulungagung, dinkes meningkatkan sosialisasi bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat. Juga, gencar melakukan VCT di berbagai instansi dan membagikan kondom secara gratis untuk mencegah penularan HIV/AIDS kepada kelompok berisiko tinggi.

“Kemarin (dua hari lalu) kita melakukan tes kepada juru parkir (jukir) di lingkup Dishubkominfo Tulungagung. Hari ini (kemarin) kita melakukan tes kepada 70 orang petugas SPBU,'' jelasnya.(c1/and/JPNN)

 


Berita Selanjutnya:
BKD Mengaku Tidak Takut

TULUNGAGUNG - Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Tulungagung, Jawa Timur tampaknya, cukup banyak. Sebab, ODHA yang meninggal cukup banyak selama tiga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News