Beli Elpiji 3 Kg Harus Pakai KIS sebagai Syarat

Beli Elpiji 3 Kg Harus Pakai KIS sebagai Syarat
Beli Elpiji 3 Kg Harus Pakai KIS sebagai Syarat

JAKARTA - Yang suka membeli elpiji 3 kg bisa jadi nanti tidak mudah lagi untuk mendapatkannya. Sebab, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mempersiapkan mekanisme baru supaya subsidi gas tepat sasaran. Yakni, menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai syarat membeli.

Kebijakan itu juga merespons penetapan subsidi elpiji Rp 28,274 triliun untuk kuota 5,77 juta metrik ton gas pada 2015. PT Pertamina (Persero) memprediksi, subsidi tersebut tidak cukup karena migrasi pengguna tabung 12 kg ke 3 kg terus meningkat.

Karena itu, distribusi tabung gas yang kerap disebut melon tersebut diperlukan. Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmadja menyatakan, pemerintah sepakat dan perlu adanya perubahan mekanisme distribusi. ''Subsidinya jadi tertutup. Hanya untuk yang berhak,'' terangnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, KIS merupakan ''partner'' yang tepat karena sudah menjadi acuan bagi keluarga kurang mampu. Nah, orang-orang dengan taraf ekonomi menengah ke atas tentu tidak mempunyai kartu tersebut. Diharapkan, cara itu menjadi filter yang efektif untuk menekan kebocoran subsidi.

JAKARTA - Yang suka membeli elpiji 3 kg bisa jadi nanti tidak mudah lagi untuk mendapatkannya. Sebab, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News