Belum Diteken Atut, BOS Rp 1,046 T Belum Cair

Belum Diteken Atut, BOS Rp 1,046 T Belum Cair
Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - SERANG-Memasuki pekan terakhir Januari 2014,  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pendidikan dasar sebesar Rp 1,046 triliun belum tersalurkan ke sekolah-sekolah.

Tersendatnya penyaluran BOS ini, karena belum ada surat keputusan (SK) Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah terkait penyaluran BOS tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengakui ratusan sekolah dasar yang ada di 8 kabupaten/kota memang belum mendapatkan dana BOS tahun anggaran 2014.

”Dana BOS belum disalurkan masih menunggu proses administrasi keputusan gubernur tentang pemberian dana itu,” terangnya, kemarin (27/1).

Dia juga menjelaskan, draft atau rancangan SK pemberian dana BOS telah dibuatnya dan diserahkan ke Biro Hukum Pemprov Banten. Namum sampai saat ini SK tersebut belum ditandatangani oleh Ratu Atut Chosiyah yang kini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu.

”Kalau tidak Senin (kemarin, Red) atau Rabu (29/1) mendatang, mudah-mudahan saja SK bisa ditandatangani Gubernur Banten,” paparnya.

Jika pada pekan ini SK tersebut ditandatangani oleh Ratu Atut, lanjut Hudaya, setiap sekolah yang terdaftar menerima dana BOS seperti yang tercantum dalam SK BOS tahun 2014 sudah bisa memanfaatkan anggaran tersebut.

”Mudah-mudahan akhir Januari ini untuk urusan BOS selesai, karena untuk urusan BOS tinggal satu langkah lagi,” ungkap juga mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten tersebut.
      
Disinggung mengenai realisasi dana BOS tahun 2013, Hudaya mengungkapkan pelaksanaannya sesuai dengan harapan. ”Hampir Rp 1,046 triliun atau 100 persen BOS tahun 2013 habis, tapi ada Rp 50 miliar cadangan masih ada,” ungkap juga mantan pejabat Kabupaten Tangerang ini.

SERANG-Memasuki pekan terakhir Januari 2014,  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pendidikan dasar sebesar Rp 1,046 triliun belum tersalurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News