Benarkah Sering Vertigo Bisa Memicu Stroke?

Benarkah Sering Vertigo Bisa Memicu Stroke?
Ilustrasi sakit kepala. Foto: Pixabay

jpnn.com - Pusing dan sakit kepala, termasuk munculnya vertigo merupakan salah satu keluhan yang menyebabkan banyak orang memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, masyarakat masih banyak yang bertanya-tanya apakah vertigo bisa memicu stroke.

Faktanya, keluhan tersebut memiliki cukup banyak kemungkinan penyebab, sehingga perlu dilakukan evaluasi menyeluruh untuk menemukan penyebabnya. Sehingga disarankan untuk tidak sembarangan dalam mengobati sakit kepala atau pusing yang dialami.

Lalu bagaimana kaitan antara vertigo dan stroke? Apakah vertigo benar memicu timbulnya stroke?

Kaitan antara vertigo dan stroke

Pada kasus stroke, terdapat gejala neurologis akibat kurangnya asupan darah ke otak. Hal ini bisa timbul akibat dua faktor, yaitu adanya sumbatan pada pembuluh darah otak (stroke iskemik) atau adanya perdarahan pada otak (stroke hemoragik). Jika jaringan otak dibiarkan kekurangan darah, lama-kelamaan jaringan otak yang sangat bergantung pada oksigen yang dibawa oleh darah bisa mati.

Gejala stroke sendiri bervariasi, yang bisa berbeda antara stroke iskemik dan stroke hemoragik.

Gejala stroke iskemik yang banyak dikenal antara lain senyum menjadi tidak simetris, gerakan tangan dan kaki menjadi lemah (umumnya pada satu sisi tubuh), gangguan bicara (seperti pelo, sulit bicara, bicara tidak menyambung, atau sulit mengerti kata-kata). Pada jenis stroke ini, bisa juga ditemukan keluhan vertigo.

Gejala stroke hemoragik bisa serupa, tetapi sering kali disertai penurunan kesadaran, nyeri kepala hebat, kejang, dan muntah yang tidak didahului oleh mual.

Masyarakat masih banyak yang bertanya-tanya apakah vertigo bisa memicu penyakit stroke.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News