JPNN.com

Benarkah Tomat Bisa Meningkatkan Kualitas Air Mani?

Kamis, 07 November 2019 – 23:02 WIB Benarkah Tomat Bisa Meningkatkan Kualitas Air Mani? - JPNN.com

jpnn.com - Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi tomat setiap hari mendatangkan manfaat untuk kesuburan pria, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas air mani.

Infertilitas atau gangguan kesuburan merupakan masalah reproduksi pada pria yang cukup sering terjadi. Data yang ada menyebut, 1 dari 20 pria mengalami gangguan ini.

Gangguan kesuburan pada pria bisa terjadi akibat adanya kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi dimaksud antara lain: varikokel, tumor, infeksi, kadar hormon tidak seimbang, dan cacat fisik seperti penurunan testis yang tidak sempurna.

Tidak hanya itu, pria juga bisa mengalami gangguan kesuburan apabila berurusan dengan hal-hal berikut ini:

  • Merokok dan minum alkohol berlebihan
  • Kurang aktivitas fisik atau olahraga
  • Sering memakai celana atau pakaian dalam yang sempit
  • Stres berlebihan
  • Kurang nutrisi

Akibat adanya gangguan kesuburan, kemungkinan seorang pria untuk membuat pasangan wanitanya hamil menjadi sangat berkurang. Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan:

  • Menerapkan haya hidup sehat, termasuk memperbanyak aktivitas fisik dan mengenakan celana serta pakaian dalam yang longgar.
  • Mampu mengelola stres dengan baik, dengan melakukan hobi yang disenangi atau bermeditasi.
  • Menghindari rokok, alkohol, dan konsumsi makanan siap saji (junk food).

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, gangguan kesuburan pada pria konon juga dapat diatasi dengan konsumsi tomat secara rutin. Benarkah demikian?

Khasiat tomat dalam meningkatkan kesuburan pria

Beberapa penelitian yang telah dilakukan beberapa tahun silam menemukan bahwa likopen, pigmen merah yang ditemukan pada tomat, dapat meningkatkan jumlah air mani hingga 70 persen. Temuan ini ternyata dikonfirmasi oleh studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal medis “European Journal of Nutrition”.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...