Benarkah Toner Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Benarkah Toner Bisa Bantu Atasi Jerawat?
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Setiap tipe kulit wajah punya plus dan minus sendiri. Untuk pemilik kulit berminyak, tentu keluhan paling banyak adalah munculnya jerawat. Sehingga, pemilihan produk perawatan kecantikan pun harus sesuai dengan kondisi tersebut. Biasanya, kombinasi sabun cuci muka, krim, atau masker menjadi andalan. Selain itu, ternyata toner juga menjadi ‘amunisi’ tambahan untuk mengatasi jerawat.

Mengapa perlu pakai toner?

Dilansir dari Verywell Health, toner sangat populer di kalangan pemilik kulit berminyak dan cenderung berjerawat (acne-prone skin).

Toner adalah larutan cair yang diaplikasikan ke kulit dengan kapas, yang diusapkan ke wajah (khususnya ke bagian yang pori-porinya besar seperti pipi dan T-zone) setelah dibersihkan dan sebelum mengoleskan pelembap. Toner bisa membantu menghilangkan bekas kotoran, rias wajah, residu pembersih wajah, serta minyak berlebih.

Caira ini juga bisa membantu mengatasi jerawat dan noda kecil di wajah, tetapi penggunaannya secara mandiri tidak akan menghilangkan jerawat yang menetap. Jika hanya beberapa noda kecil yang ringan, toner mungkin cukup efektif untuk menghilangkan jerawat. Namun dengan catatan, toner yang digunakan mengandung bahan aktif anti jerawat seperti asam salisilat atau benzoil peroksida.

Produk dengan dua bahan tersebut dapat membantu pori-pori tetap bersih dan mencegah terbentuknya komedo dan jerawat kecil. Toner dapat mencegah jerawat atau noda yang muncul sesekali. Namun, jika keluhan jerawat dan komedo sering, hanya mengandalkan toner untuk memeranginya tak akan cukup. Anda disarankan untuk menggunakan produk perawatan jerawat yang lebih efektif.

Untuk kondisi tersebut, obat yang dijual bebas yang bisa Anda pakai adalah losion yang mengandung benzoil peroksida (bagus untuk radang jerawat ringan). Untuk jerawat yang sedang hingga berat, bahan tersebut tak akan cukup. Butuh konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengendalikan dan mengatasinya secara optimal.

Tips tepat memilih toner untuk kulit berminyak atau cenderung berjerawat

Hampir bisa dipastikan semua merek produk kecantikan kulit wajah yang dijual di pasaran memiliki ragam toner. Ini bisa membuat konsumen bingung ketika melihat begitu banyaknya pilihan toner di rak. Jangan khawatir, Anda bisa mempersempit pilihan dan memilih produk terbaik jika Anda tahu apa yang Anda cari.

Pemilihan produk perawatan kecantikan pun harus sesuai dengan kondisi tersebut. Biasanya, kombinasi sabun cuci muka, krim, atau masker menjadi andalan. Selain itu toner juga menjadi amunisi tambahan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News