Bentuk Konsorsium, 4 Bank Besar Modal Rp 5 Miliar

Bentuk Konsorsium, 4 Bank Besar Modal Rp 5 Miliar
Ilustrasi Bank Mandiri. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan-perusahaan switching serta bank umum kelompok usaha (BUKU) 4 atau bank-bank besar akan membentuk perusahaan konsorsium services.

Perusahaan services adalah lembaga penyedia jasa kliring dan settlement untuk kebutuhan industri yang bergerak di bisnis sistem pembayaran.

Delapan perusahaan akan membentuk perusahaan konsorsium bernama PT Penyelenggara Transaksi Elektronik Nasional (PTEN).

Tujuan pembentukan konsorsium tersebut adalah menjalankan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang baru diluncurkan Bank Indonesia (BI).

Perusahaan konsorsium itu terdiri atas empat bank besar yang menyumbang 75 persen dari total transaksi nontunai di Indonesia.

Mereka adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, serta BCA. Selain itu, perusahaan konsorsium terdiri atas perusahaan switching lokal.

Lembaga switching adalah penyedia jasa pemrosesan transaksi yang dilakukan antarbank dan antarinstrumen (off us).

Saat ini, di Indonesia ada empat lembaga switching. Yaitu, PT Jalin Pembayararan Nusantara atau JPN (Link), PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama), PT Rintis Sejahtera (Prima), dan PT Daya Network Lestari (Alto).

Perusahaan-perusahaan switching serta bank umum kelompok usaha (BUKU) 4 atau bank-bank besar akan membentuk perusahaan konsorsium services.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News